Movie Journal - Dec 2016, Jan & Feb 2017

3 bulan dan gue cuma nonton 17 film??? Memalukan!
Anyway, as usual, bisa jadi ada spoiler jadi ku gak nanggung yaa.

- Gyo : Tokyo Fish Attack (Takayuki Hirao, 2012)


Ikan bau busuk nyerang Tokyo, bizarre banget premisnya. Diangkat dari komiknya Junji Ito, gue gak baca, cuma yang pasti filmnya asik kok eh sampai ke ujung film tetiba mulai sampah. Masa ada adegan gak penting banget asli gue kesel, apa apaan situasi lagi begini terus ada... tenda sirkus dan... ah, gue males ngingetnya. Ancur lah. Sebel gue. Yang bikin filmnya gak liat lagi gitu ya sebelom beneran jadi, masa ga direview lagi sih????? Seriusan, ngerusak the whole experience.

-  The Sacrament (Ti West, 2013)


Pernah tahu soal Jonestown Massacre? Film ini ampir mirip kejadiannya kayak bunuh diri massal itu. Ngeri mampus filmnya tegang banget (._.   ) Gue paling takut deh sama kayak gini-ginian.. cult, demo, kerusuhan, pokoknya orang deh! Orang tuh lebih ngeri daripada setan sumpah. Rating dan review filmnya ga gitu bagus ya kayak either you like or you don't. Gue sih suka ya. 

- Other People (Chris Kelly, 2016)


Premisnya nothing new sih, kayak drama indie kebanyakan. Tapi wajib nonton cuma karena aktingnya Jesse Plemons, serius. Molly Shannon pun. Filmnya heart warming sekali. :')

- Rogue One : A Star Wars Story (Gareth Edwards, 2016)


Bukan fans Star Wars tapi seru juga. Dan endingnya yang bleak makes it even better. Diego Luna 😍

- Passengers (Morten Tyldum, 2016)


Serem ih, film ini macam fairytale jaman dulu ya, happy ending tapi ada grim undertones. Dan ternyata emang macam Sleeping Beauty gitu makanya J.Law namanya Aurora. Cuma bedanya ini seenaknya dibangun paksa, basically dibunuh loh, diancurin masa depannya, cuma gegara si cowok kesepian??? Ya ganteng banget sih Chris Pratt disini... but still!!! Dan filmnya gak buat gue tegang sama sekali (._.   ) Gak jelek sih menurut gue cuma yaudah aja gitu. Mungkin bakalan lebih menarik kalau dieksplor soal dibangunin without consent nya, gak ujung-ujungnya saling jatuh cinta gitu? Entah lah.

- Elle (Paul Verhoeven, 2016)


Waini. Film pertama yang gue tonton di 2017 dan BAGUSNYA MASYATUHAN. Isabelle Huppert, everyone!!! Aktingnya luar biasa. Filmnya juga sinting. Fucked up banget. Bangettt. Tapi berhasil ngebikin gue horny tegang dan sampe bingung harus merasa apa??? Primal sekali rasanya. Film ini bikin gue kepikiran berhari-hari.

- Arrival (Denis Villeneuve, 2016)


Arrival, sci-fi yang plotnya super fresh dengan akting Amy Adams yang bagus banget dan sinematografi yang cakep juga. SUKA BANGET. Januari banyak film bagus!

- La La Land (Damien Chazelle, 2016)


Filmnya fun and dazzling sih menurut gue walaupun ya gue setuju premisnya basi dan ya gue setuju lagunya gak se-catchy itu (seriusan deh) dan ya gue setuju seharusnya film ini gak dapet penghargaan sebanyak itu. Filmnya literally homage dari awal sampai akhir sampe bingung gue jadi basically ini film comot sana sini terus dibuat baru... bagian tengahnya agak agak snoozefest... dan Ryan Gosling menurut gue aktingnya uhm... Etapi I had fun watching it sih. But I agree this movie is overrated.

- The Autopsy of Jane Doe (André Øvredal, 2016)


Aduh, film ini asik banget beneran, tapi lagi-lagi 2/3 film sampai akhirnya menyebalkan. Gue tuh paling sebel ya sama misteri kejawab tapi dengan sebuah ketidaksengajaan yang kebetulan banget. Kayak misal aduh gimana keluar dari ruangan ini ya eh terus gak sengaja nyenggol lemari dan wow amazing ada pintu keluar... ngerti gak maksud gue??? Udah asik padahal, sayang banget huhu :(

Oh, gue udah nebak sebenernya si Jane Doe ini apaan pas tengah film terus bener! #bangga

- Resident Evil : The Final Chapter (Paul W. S. Anderson, 2016)


Seriously though, do we need another one of this... Pokoknya ya nonton ini tinggalin aja akal sehat sama otak lo di rumah, terus seneng-seneng aja dimanjain sama aksinya Milla Jovovich. Kalau gak pasti kesel. Udah seneng oke ya ada closure, udah... eh terus dia ngomong POKOKNYA URUSAN GUE BELOM SELESAI TERUS NGEEEEEEEENG NAIK MOTOR ENTAH KEMANA. Cash cow.

- Spa Night (Andrew Ahn, 2016)


I love Spa Night. Joe Seo gemes banget lagi. Coming of age tentunya gak lengkap tanpa family drama juga ya. Nah bedanya kali ini sudut pandangnya dari abege Korea dengan keluarga imigrannya. Akting pemainnya bagus-bagus. Apalagi asing semua mukanya bikin rasanya lebih realistis. It's a very... uhm... gentle movie? Humane dan tender. Me likey!

- The Lego Batman Movie (Chris McKay, 2017)


Hahahahaha goblok banget I love it!!!

- Moonlight (Barry Jenkins, 2017)


Gue pakai adjective apa ya, tender sama gentle udah kepake buat Spa Night... Yaudah bodo, Moonlight pun begitu! Bagus banget Moonlight!! Banget!!! Pemainnya bagus semua performancenya, tapi yang paling buat gue amazed itu Ashton Sanders. Emosi banyak layer tanpa banyak dialog itu gimana coba. Lo bisa liat dia bingung, dia insecure, dia sedih, dia marah, dia... full of hearts gitu. Rasanya lo mau sayang-sayang. Udah lihat dia foto buat Calvin Klein??? I'd say his photo is the best of the bunch. The pose man! Rasanya feminin dan vulnerable tapi strong juga gue gak ngerti mau ngomong apa. Btw udah liat video side by side cinematography Moonlight sama filmnya WKW belum?? Mantep ya! Congrats Moonlight for winning best picture!!!

- Split (M. Night Shyamalan, 2017)


Siapa yang sangka kalau film ini sesungguhnya basically film superhero yang dikemas jadi psychological thriller??!!! Yang basically juga sekuelnya Unbreakable... I gotta stop saying 'basically'... James McAvoy akhirnya disebut The Horde aja udah kayak nama supervillain di superhero movies kan. Yaudah ditunggu aja film ketiganya.

- Toni Erdmann (Maren Ade, 2016)


Durasinya yang 3 jam surprisingly gak bikin bosen loh. Bapaknya pengen gue tampol asli. Tapi saat dia duduk di anak tangga di apartemen tante-tante itu dan ngobrol normal curahin isi hatinya gue langsung bisa lihat dia yang sesungguhnya. Dan adegan Ines nyanyi Greatest Love of All lo bisa liat orang ini... bener-bener stress... Gak lupa juga ya sama adegan super awkward di klimaks saat Ines breakdown dan gue cuma bisa duduk lemes pasrah ngelihatin gimana film ini berakhir. Toni Erdmann berhasil bikin gue deg-degan gak nyaman sama komedinya. I don't think I've ever watched anything like this... couldn't say I really like it though. It's a weird feeling sumpah.

- The Girl With All the Gifts (Colm McCarthy, 2017)


Zombie flicks dengan plot dan sudut pandang yang beda dan fresh, gue suka! Agak ngingetin gue sama the Last of Us sih. Dan ada imagery yang gue gak pernah lihat sebelumnya and I loved that! Kebanyakan nonton horror seriusan gue kadang lupa rasanya dibuat takut gimana. Imagery yang mirip-mirip aja... kadang ya nonton horror cuma bikin angguk-angguk aja. Makanya gue seneng banget bisa dibuat takut yang takut beneran kayak terakhir gue nonton Lake Mungo dan Kairo!

- The Hallow (Corin Hardy, 2015)


Familiar enggak dengan folklore changeling? Film horror ini premisnya dari situ. If you're intrigued, cobain deh! I quite like this movie kok! Tapi emang orang bule tuh gak pernah belajar ya. Beli deh tuh rumah di antah berantah...

- - -

Dari 3 bulan ini, film favorit gue gak lain dan gak bukan, ELLE!!! It's everything I've ever wanted!!!

Comments

Popular Posts