FFXV rant

Oke gue mau ngedumel soal Final Fantasy XV.
Gue gak nungguin game final fantasy lagi sih semenjak... entah sejak kapan.
Game FF yang gue mainin serius itu terakhir ya FFIX.
FFX gue main di PS3 yang HD remastered dan itupun gak kelar. Gue benci blitzball dan desain bajunya Tidus. Sisanya pun gak ada yang berkesan buat gue :'(
FFXI gak main karena MMORPG.
FFXII main! Gue gak peduli sama ceritanya tapi gameplaynya fresh sekali menurut gue dan gue suka sekali dengan Ivalice. Plus Balthier dan Fran umffff. Then again, gak kelar. Gue akan main lagi di remastered nya nanti sih.
FFXIII? Dah males ya, sequelnya dua. Reviewnya jele'. Dan gameplaynya selama yang gue mainin (sekitar tiga jam pertama) ya begitu... Desain karakternya aja gue gak demen.
FFXIV MMORPG lagi. So I skipped this one.
Terus muncul lah FFXV setelah, berapa lama? 10 tahun development?

Mumpung kaset PS4 gue cuma tiga biji yaudah yuk kita cobain. Apalagi hype sekali sepertinya. Pecinta RPG, rejoice!

Gue deg-deg an sama battle systemnya yang kayaknya aktif dan sangat dinamis itu. Maklum, anaknya senewenan, jadi demennya kalau ada ATB dan semacamnya. Huhu.

1/3 game gue semangat sekali. Gak sabar pulang kerja buat lanjutin main. Banyak hal kecil yang buat game ini rasanya charming sekali. Sampai akhirnya game selesai dan akhirnya meninggalkan bad aftertaste in my mouth. I kinda ha... no hate is a strong word. Disappointed?

This game is unfinished!!! Game ini 20% cerita dan 80% tambelan dan gue mau ngedumel, okay??!

SPOILER JUGA TENTUNYA, proceed at your own risk. Eh tapi hari gini baca sesuatu dari internet tanpa mau ketauan spoiler emangnya bisa apa? Satu-satunya cara ya... enggak buka internet. Anyway...

- Pertama, awal maen sebelum menu opsi new game load game etc, ada tulisan gini dong... "A Final Fantasy for Fans and First Timers". I cringed.
- Kedua, rambut mereka berempat enek banget. Oke, yang paling enek Noctis sih. Yang lain... ya standard haircut nya Japanese characters. Jambang gengges poni gengges ada yang lurus ada yang mencuat ada yang........... hhh.
- Siapa juga yang panas-panasan pake item-item dengan bahan leather???
- Untuk sebuah game yang ngebanggain open world dan sense of a road trip, jalan-jalan kemana mana naek mobil, ya naturally ada opsi untuk fast travel ya. Lah ini fast travel cuma bisa ke tempat yang kita pernah kunjungi, bayar 10 gil, PLUS LOADING TIME YANG LAMANYA KAYAK PERJALANANNYA ITU SENDIRI.
- Seriusan, Final Fantasy XV : Capek Di Jalan
- The side quests are enormous. Gak pake lama lo bakalan ngeh deh kalau semua quest yang ada itu fetch quest, search quest, dan hunt quest. Entah diminta ambil foto pemandangan lah, nyari batu lah, nyari kodok lah, bunuh monster lah, semuanya sama intinya! Yang basically adalah lo diminta dari poin A ke poin B untuk melakukan sesuatu terus kembali ke poin A buat laporan. Apalagi search quest yang gue yakin bikin lo pengen jambak jambak rambut lo sendiri sampe rontok. Disuruh cari barang di titik X, gataunya cuma dimodalin lingkaran searea besar dan lo kudu cari benda yang diminta sendiri, entah di semak-semak, di tanah, pokoknya anjing bangsat, oke? Gak ada kreatif-kreatifnya. Gak ada asiknya. Jangan lupa quest bersambung dimana elo nyari scrap of treasure maps 14 biji si seluruh penjuru dunia dan yang gataunya treasurenya itu PEMANDANGAN ATAS GUNUNG. IYA GUE GA BERCANDA. LENGKAP PAKE KALIMAT KLISE THE TREASURE IS THE JOURNEY ITSELF ATAU APALAH. Fuck you for wasting my time. Dan kelemahan gue adalah gue mau lengkapin dan kelarin semua yang ada, jadilahhh gue marah-marah sambil tetep ngejalanin ini semua.
- The dungeons. (._.   ) Sigh. Sesungguhnya gak banyak dungeons di FFXV. Tapi asli semuanya malesin. Pernah gak lo ngerasain mual banget pengen buru buru udahan tapi ga bisa karena lo ga bisa save di dalem dungeon. Lo kudu keluar which means you gotta start from scratch nantinya. Jadilah migren-migren gue paksa sampe kelar. Crestholm Channels selokan anjing berhasil bikin gue mabok. Dan jangan lupa sama Costlemark Tower, dungeon rese dgn musuh kuat, yang mesti ditempuh buat dapetin Armiger terakhir, yang ngomong ngomong lo harus ulang semua puzzle nya dari awal di salah satu hunt quest buat lawan Jabberwocky tai kedua kalinya. Pastinya juga lo tau soal Pitioss dungeon ya, dungeon tanpa musuh yang gossipnya bisa dikelarin sekitar 2-3 jam kalo lo liat guide orang dari youtube. Yang ngomong-ngomong akses kesana dan keluar dari sana cuma bisa ditempuh sama mobil lo yang udah diupgrade jadi pesawat terbang yang susah dikendaliinnya dan kalo lo crash lo game over. Byeeeee, I won't even bother. Bonus dungeons yang musuhnya kuat-kuat dan basically the same IH IH IHHHHHHH.
- Ardyn, penjahat game ini karikatur sekali. Dengan plot twist soal dirinya yang dijelasin sekali gabreg di saat yang terlambat dengan suara yang super pelan dan lebih kenceng musik score nya????? Apaan sih.
- Gak usah bahas cerita asli. Semua adegan penting, karakter yang udah diperkenalkan sebelumnya mati atau apalah, tapi semuanya terjadi OFF SCREEN?????? Udah sih, gue beneran udah gak peduli sama ceritanya ya udah gitu jalanin aja. Penjahat-penjahat dengan looks yang spesifik buat bedain sama orang awam, yang beneran dilawan cuma dua biji, sisanya mati tanpa dikasih unjuk??? Ini cerita gak kelar apa gimana sih??? BIKIN MARAH. Belom lagi yang gak nonton Kingsglaive atau anime nya? Lah, konteksnya ga ngerti dong?
- Gladiolus. Kalo lo punya tumblr most likely lo dah liat fanart bara nya ya. Asli gue kesel banget sama karakter ini. Mulutnya nyolot minta ampun. Gue ngerti dia mau Noctis kuat dan tegar buat ngejalanin misinya, lah tapi orang ketiban sial melulu dan calon istrinya baru mati bok ya dikasih waktu buat grieving ya? Ini malah dimarahin terus jadinya berantem. Pas Ignis jadi buta, kalo kita lari-lari kejauhan di dalem dungeon ninggalin yang lain eh malah diomelin atau disindir pake kalimat pedes sama Gladiolus. Dude, chill.
- Iris, adeknya Gladiolus. Gue rasa dia kena parkinson??? Well, enggak gitu sih. Sorry. Cuma gak bisa diem banget tai. Gak ada orang di dunia ngomong kayak gitu deh??? Dan desainnya mendadak anime banget dibanding yang lain. Gatel banget lagi. Pangeran punya tunangan aja masih digodain.
- Well, I think Prompto is okay (walaupun revelation soal siapa dia sesungguhnya itu sampah banget), Ignis pun. Gue ga ada opini soal Noctis selain dia macam emo brat dengan rambut gengges.
- Apalagi ya yang gue sebelin?
- OH!!! ALTISSIA!!! Kota yang ambil inspirasi dari Venice ini emang cantik, but the town itself is a friggin dungeon! PUSING SUMPAH.
- Lo bisa banget liat video-video orang di youtube yang explore uncharted areas karena glitch yang ngebuktiin kalau game ini... banyak bagian yang di cut dan belom bener-bener kelar.
- Adamantoise hunt quest, yang katanya battle nya bisa dikelarin sekitar dua jam dikarenakan HP nya yang banyak (well, basically lo lawan kura-kura segede gunung...) adalah satu-satunya hunt quest yang belom gue lakuin karena MALES. Apa iya gue punya patience buat ngelakuin hal yang sama berulang-ulang sepanjang sekian jam.
- Battle system FFXV sebenernya menyenangkan sih, ada wait mode juga, tapi ternyata gue lebih keasikkan sama active mode nya! TAPI SAYANG, kadang musuh terbesar yang lo hadapi itu kamera gamenya sendiri. Lah ini gue gebuk apaan, yang keliatan cuma semak-semak atau dinding goa...
- Titan Battle basically cuma pencet tombol saat disuruh sisanya semacam cutscene... pssst. Final battle nya juga :)))))))))

Walaupun gue enek pada akhirnya sama FFXV tapi banyak juga sih yang bikin gue seneng. Udahan jelek-jelekkinnya deh, capek. Sekarang ngomongin hal-hal bagusnya yang gue demen.
- Photography. Lo berempat masing-masing punya skills sendiri. Noctis dengan mancingnya garingnya. Ignis masak di camp. Gladiolus dengan survival skillnya (iya lo cuma butuh jalan kaki) yang fungsinya buat ngambil item secara random. Dan terakhir Prompto dengan skill fotografinya! Lo bisa ambil foto saat battle (pake tech skill), juga foto-foto aktivitas lo sepanjang hari yang bisa lo pilih untuk disimpan di penghujung hari saat lo camping atau nginep di hotel/trailer. Gambar-gambar yang diambil sering banget cinematic dan lo bisa pilih filter-filter yang bisa di unlock saat skill photography nya naik. Sering juga lo kedapetan foto foto yang defy logics, butts shots nya Gladiolus, atau pose-pose bego yang kocak. I'm gonna upload the photos of my playthrough later :)
- The battle system! Walaupun kamera nya begitu, tapi tuker-tuker senjata sambil warp strike, dodging, teleport, dan blindside link rasanya puas banget. Juga battle system nya yang customizable!
- The details are amazing. Kotanya asik banget bikin pingin diperhatiin berlama-lama gitu. NPC bodoh yang mondar-mandirnya, yang cowok pakaiannya kayak gay, terus mereka suka greeting mendadak dan kita bisa melambai balik. Bisa nguping mereka ngobrol. Merhatiin anak kecil lagi main. Etc etc. The scale of the monster and the summons nya juga keren banget. Rasanya sungguhan. The monsters are enormous. Summons, particularly Ramuh bikin gue ngeri. Tetiba Ramuh berdiri di atas tiang listrik atau ngambang di udara dan nangkep lo ke genggamannya terus nyamber geledek ke arah musuh itu serem banget. Jenggot dan jubahnya melambai-lambai... Catoblepas, Behemoth, Marlboro dan semua monster raksasa lainnya keren banget. Makanan yang ada di game ini pun berhasil bikin ngiler melulu.
- Customize Regalia. Walaupun desain si Cindy borderline pornographic dan tasteless (buat gue), tapi dandanin Regalia pake decals itu menyenangkan sekali. Tentunya Regalia gue pink centil macam mobil barbie.
- Fitur dengerin soundtrack past FF games di mobil atau mp3 saat lo jalan kaki asik banget. Rasanya nostalgic. Tho gue yakin banyak yang lebih milih dengerin soundtrack FF yang lama dibandingin scores nya Yoko Shimomura buat game ini rasanya bikin gue sedih. Kasian embaknya udah capek-capek gitu kan. Gue gatau si Yoko bikin musik buat apaan lagi yang pasti dia buat musik nya Legend of Mana, salah satu soundtrack game yang paling gue suka.
- The little moments, really. Kayak tetiba Prompto bares his feeling, atau Prompto ngajak Noctis buat foto di depan Catoblepas, Gladiolus nyeletuk rese saat lo nangkep ikan yang ukurannya kecil (PUNY, JUST LIKE YOURS), Ignis dengan logat british nyasar, Aranea muncul tetiba dari langit lompat dari kapal magitek dan bantuin battle, adegan tanpa suara saat kita bermalam, references ke pop culture yang tetiba bisa meta, rasanya bikin dada hangat.
- Gue berharap patch dan future DLCs bakalan bikin game ini makin rich content nya. Apalagi katanya bakalan bisa bikin karakter sendiri dan beberapa karakter game bisa playable. We'll see.
- Kalau gue diharuskan ngasih score untuk game ini, 1-10, gue kasih FFXV 6.9 deh.

Yaudah, sekarang bagian foto-fotonya ah~















































































































































































Masih banyak post game content yang belum disentuh, habis tedious. Sementara mau break dulu dari FFXV dan lanjutin hidup yaa... :')

Comments

Popular Posts