the hard truth is... pt.1

How are things on the other side? I hope all is well.

Minggu minggu terakhir bulan Januari dan setengah bulan ini gw lewati dengan... bekerja.
Yep, you read that right. Gw diterima kerja sebagai desainer grafis nya sebuah brand kacamata yang punya toko di Plasa Indonesia. Kantornya di Cikini. Isi kantor cuma bertiga : gw - si marketing - dan boss.

Setelah sekian lama pengangguran, bangun siang, dan leha leha di rumah, gw kaget juga ya, rutinitas baru, adaptasi nya lumayan lama dan gw sempat nangis sesegukan sendiri karena kesal sama banyak hal dan bagian paling besarnya sih kesal sama diri sendiri.

Pertama, gw memang ragu karena fee yang ditawarkan cuma segede UMR. Jauh pula di Cikini. Kost bukan pilihan karena gaji bisa habis tanpa sisa cuma nutup buat hidup plus capek nya doang. Karena boss dengan manisnya bujuk ayo ayo gimana kalo dicoba dulu and then we'll see how it goes... gw pun luluh hatinya - yang kalo dipikir pikir sih bukan karena dia mau banget gw masuk ke kantor itu tapi karena dia kepepet banget butuh desainer buat siapin perintilan event gaul (yang ternyata garing) di Grand Indonesia kemarin.

Jadilah gw mulai pergi bekerja dengan opsi transportasi paling murah yang bisa terpikirkan, kereta dan jalan kaki. Kagetnya bukan main... Maaf yaa sebelumnya gw dirumah terus dan gw gak tahu betapa... kuatnya orang orang Jakarta. Kuat batin dan kuat fisiknya.

Commuter line Jabodetabek itu... parah sekali ya.

Selain manusia manusianya yang rasanya pengen gw tembak mati ditempat, sesaknya dahsyat, dan yang paling ngeselin adalah enggak pasti dan gak bisa diandalkan! Satu hujan di pagi hari semuanya langsung lumpuh dan kacau. Memang sih 3 ribu perak dari Serpong sampai Gondangdia, tapi beban di hati rasanya gak sebanding aja gitu. Pagi pagi sudah mengumpat dalam hati... view di luar kereta yang lo lihat adalah slums... muka gw deket banget sama muka orang lain... dan gw heran mereka pagi pagi aja harumnya sudah enggak enak. Gak ketinggalan... bau mulutnya yang sumpah asem abis. Pernah satu kali tepat banget pas gw lagi narik napas orang terdekat dengan muka gw menghembuskan nafas yang mungkin kalau ada warnanya itu warna ijo campur ungu... god help me.

Gw sudah coba pakai masker, ditengah tengah sesaknya rush hour gw tiba tiba pusing mau muntah dan mata berkunang kunang. Gw pikir karena di balik masker gw kurang oksigen. Sadly to say, gw lebih pilih hirupin bau mereka deh daripada pingsan di kereta. Belum lagi manusianya yang gak tau budaya, orang mau turun udah ditabrak orang naik. Polisi moral yang bangunin orang tidur karena ada ibu ibu sehat yang mau duduk.

Anyway, puncaknya adalah suatu hari dimana hujan sudah turun dengan derasnya dari pagi pagi buta, setelah berpindah kereta dan gw sampai di stasiun Manggarai... gw kaget banget lihat banyaknya manusia di stasiun itu. Stasiun Manggarai jadi titik tumpah ruah manusia segala penjuru karena mereka ga bisa kemana mana - kata pak satpam "Gak ada kereta yang kesana." dengan nada datar like it was not a big deal dan muka males karena kudu ngulang ngulang kalimat itu ke setiap orang yang nanya. Kereta lumpuh. It was super chaotic.

Semua orang bingung. Semua orang mau keluar. Semua orang mau berangkat kerja. Sayangnya semua orang juga gak punya budaya. Sendal sialan gw yang super licin gak jodoh banget ketemu lantai keramik stasiun udah becek penuh tapak kaki manusia bekas hujan dan becyekkk, akhirnya sendal naas itu pun putus karena keinjek orang. No biggie, gw bawa sepatu di dalam tas... sepatu dari bahan suede dan... ah sudahlah...

How am I gonna get out of here... gw bahkan gak tahu Manggarai itu dimana hahaha ha...
Gw berdiri sangat lama meresap semuanya... celingak celinguk... melihat ke sekeliling... mencari jalan keluar... petugas... apapun... yang gw lihat cuma manusia dan manusia.

(Ada kamera dan kru siaran berita. Gw sempat berdiri di depannya untuk waktu yang agak lama, well siapa tahu kan, siapa tahu. Kata Paul there's no such thing as a bad exposure... eh tapi kayanya gak rolling rolling sialan)

Susah payahnya keluar dari stasiun jahanam itu, didesak dari segala penjuru karena mereka gak kenal antri. Sumpah lo bisa crowdsurfing diatasnya. I mean, pagar keluar tempat tap kartu kereta lo itu ada sekian jumlahnya, kenapa enggak bagi antrian yang rapih gitu kan ya, sesuai jumlah pagarnya, yang masuk akal, karena yang bikin proses makin lama dan makin gak nyaman ya kalian kalian sendiri. Gendengggg.

Setelah mosh pit sampai berhasil keluar, gw masih harus antri untuk mengembalikan kartu demi 5 ribu perak. Akhirnya gw benar benar keluar dari stasiun Manggarai... saatnya mencari tahu dimana Manggarai sebenarnya. So I walked... I walked and I walked... di jalanan semuanya membunyikan klakson. Macetnya gila gilaan. Akhirnya gw menyerah dan memutuskan untuk naik bajaj gila yang minta 60 ribu yang kemudian, macam sinetron yang penderitaannya gak selesai selesai, si bajaj memutuskan untuk turunin gw di tengah jalan karena daerah Cikini macet total (total sih, beneran total yang gak bergerak dan sangat panjang gatau sampai mana) kalau begitu kenapa juga narik dari awal sih bang. Goblok. Jalanlah gw dari dekat Metropole hingga R.P. Soeroso yang ternyata... jauh juga ya. Tergoda rasanya lempar laptop yang narik narik bahu gw ke tanah. Berangkat jam 8, sampai jam 12. Bau asep bau keringet rambut keriting gagal gw kayak medusa dan gw. enggak. peduli.

Dan masalahnya adalah, lo gak tahu kapan akan hujan dan bisa jadi lo harus melalui hal seperti ini... hmmm, 3 hari dalam seminggu? No thanks.

Melalui hari macam begini dan sepulang kantor saat lo udah capek dan kemudian lo ditampar kenyataan kalau lo harus melakukan hal yang sama untuk pulang... bukannya lo mau teriak histeris.

On to the next thing...

Gw dan desain, relasi kami gak begitu baik ya dari awal... dan walaupun boss gw tau banget apa yang dia mau, ibaratnya gw ada disana cuma sebagai tukang yang merealisasikan apa yang dia punya di kepala, kerjaan gw memang gampang. Plus desain brand ini sangat simple (bahkan kadang tinggal ngikutin principal), tapi rasanya hati gak enak itu bagaimana yah... kayak semua hal yang gak sreg ditumpuk di dalam hati. Mungkin sepele tapi rasanya semuanya jadi berat karena lo udah sebel duluan. Mulailah lo menyalahkan segala hal bahkan hal kecil. Kenapa gw ada di sini sekarang, kenapa salary nya... kenapa perjalanan kemari... kenapa boss gw sangat... kenapa pulang harus... AHHHH.

One day, gw rasanya capek kesel dan histeris... setelah sampai di stasiun di Serpong... gw berjalan menuju pangkalan ojek dengan gontai... gw udah gak sabar pingin telanjang dan mandi dan gabruk ke kasur. Ojek sialan seperti biasa buka harga keterlaluan, keterlaluan yang bahkan lo bisa naik taxi dengan harga yang sama. Kalau gw banyak duit gw gak naik kereta dan ojek kali. Gw bilang gak jadi, mending gw telepon ojek langganan gw aja, dengan sopan, terima kasih, dan udah males berpanjang panjang dioper oper sana sini. Gw pun jalan pergi... kemudian gw dengar salah satu tukang ojek itu teriak ke gw... "KOLOKAN LO."

Di saat itu, gw udah kesel males capek dan gw gak bisa tahan lagi mata gw kedut kedut terus gw mewek donggg... mewek... mostly karena gw ngerasa apa yang dia ucapin itu bener. Lo gak bakal tersinggung kalau yang orang ucapin itu gak bener dong? Gw pikir, gw memang kolokan, manja abis, sekian banyak orang Jakarta dari Bogor dari Depok dari manapun itu yang jauh kerja setiap harinya pulang pergi ke Jakarta dan gw... nangis. Gw begini aja gak kuat. Lembek banget. Gw marah. Gw malu... ya sama diri gw sendiri. Gw nangis malam itu sampai sesak dan sakit kepala... tidur, dan bangun keesokan harinya... kemudian kembali naik kereta untuk berangkat ke kantor.

Anyway, gw memutuskan untuk gak stay di kantor ini dari awal, gw ngomong ke boss jujur jujuran kalau fee dan capeknya asli gak sebanding. Tapi pastinya gw akan tetap mengerjakan semua project yang ada sekarang sampai selesai - sampai persiapan untuk acara gaul itu selesai.

I'm so tempted to talk about my boss... tapi rasanya gak appropriate yah... toh sudah lewat...

Well, maybe a little... Just a little hehe...
Uhuk.

Pastinya, seperti boss pada umumnya, dia sangat demanding lah ya... but there are some things, some of her traits, that are so cringe-inducing. Boss gw cantik dan outfit nya sangat on point even saat bajunya hari itu casual ajah... kadang rasanya gw pingin gebuk dia dengan sepatu kerennya atau tas Yvs Sang Lerong yang warnanya biru cantik banget itu... keterlaluan banget gak sih kalau gw ngorek dikit tas nya boss saat dia gak ada karena gw penasaran abis merk nya apa... gak lah ya? Gak kan? Yeaaaaa, I'm not proud of it but whatever. Hehehe.

Okay two words. Orang Kaya.
Orang kaya yang harus dapet apa yang dia mau.
Lengkap dengan ego orang kaya, pride orang kaya, gengsi dan lainnya itu lah.
Orang kaya.

Omongan dia bisa beda beda hari ini dengan besoknya, bikin gw terus terusan deg degan gak tenang, karena tiba tiba bisa revisi mendadak padahal kemarin dia mintanya apaaa. Belum lagi saat dia bikin situasi gak enak di tempat printing. Malu abis. Atau saat dia dateng pertama - paling repot ke booth acara gaul itu padahal booth nya sendiri bahkan belum jadi. Bolak balik tanya ini minta itu ke panitia, gw yakin diam diam di balik layar panitia kasih award Tenant Paling Rempong ke dia hahahaha.

Dia butuh artis buat endorse brand nya kan yaa... setelah ngejar ngejar dan akhirnya dia kasih tau reward buat si artis apa reward buat dia apa, ternyata si artis juga sama demandingnya haha, kemudian dia bete dong... bete dan macam terluka gengsinya... tiba tiba bisa ngomong sendiri kayak yaudah-bye-kita-juga-gak-butuh-dia-kok. Zzzz. What are you, a child??? Kan lo yang butuh dari awal... gak gitu juga lahh, meskipun si artis emang songong tai. But still...

Dia juga bukan orang yang bisa basa basi. Gw aja interview gak ada 10 menit. Gw juga bukan orang yang bisa basa basi tapi kadang itu kan perlu juga. Dia sering banget, bangettt, nanya hal basa basi seperti gimana tadi perjalanan ke kantor atau semacamnya, dan saat gw jawab dan mulai cerita dia udah ngelakuin hal lain dong... bahkan gak ada respon lanjutan sama jawaban gw... ngambang aja gitu. Contoh ya... "Iya, gimana Cavin tadi perjalanan ke kantornya?" lalu gw yang "Oh iyaa crowded banget kak keretanya lalalalaa" terus dia udah sibuk ngetik ngetik apaan tau di laptopnya... *insert suara hembusan angin* dan gw yang telan bulet bulet sisa kalimat gw yang bahkan belom kelar itu (asli rasanya ga enak bngt, coba bayangin sperma dimulut, antara mau dilepehin atau ditelan, akhirnya lo telen aja seret seret karena gak sopan ya ngeludah sembarangan... oke perumpamaannya kejauhan, but you get the gist)

Paling ngeselin sih kalau dia sok nanya ide atau pendapat, karena saat gw kasih ide dia bahkan gak mendengerakan, like at all... pandangan matanya ke arah gw tapi matanya nanar dan kosong, jelas banget dia lagi MIKIR SENDIRI. Beberapa kali kayak begini dan akhirnya gw memutuskan untuk ngikutin apapun yang dia mau atau memberatkan opsi yang dia suka, apapun deh, biar cepet beres.

(di titik ini gw sudah keterusan ngocehnya, so let me be, okay?)

Satu kali saat mau print sesuatu yang ribet di tempat printing, dia bersikeras pilih bahan yang gak ada - pilih yang prosesnya ribet - dan gak bisa langsung jadi - sampai marah marah segala di tempat printing... menghiraukan alternatif yang gw kasih tau BERKALI KALI, alterntif yang bisa menyelesaikan urusan saat itu juga... setelah menimbang nimbang panjang semua proses ribet penuh rintangan itu, ujung ujungnya dia berubah pikiran keesokan harinya dan ngomong kayak tiba tiba dapet pencerahan "Eh kalau begitu, print aja pakai bahan ini ya... bisa lebih murah, jadinya gak lama lagi!"

............................................... DARI KEMARIN GW NGOMONG APA NYETTTT.
GAK DIDENGERIN KAN. Taiiiiii. Coba stop dulu ngocehnya dan dengerin GW, orang kreatif yang lo hired, gw kan bukan tukang galon aqua yang lo omelin karena gak dateng dateng semingguan ini, atau satpam gedung yang lo ocehin karena ada bagian yang bocor di dalam kantor karena tau gak, BAHKAN DIA JUGA GAK TAU KENAPA BISA BOCOR. Emangnya salah dia gitu bisa bocor. Ergggggg. Dia bisa banget loh ngegerendeng uring uringan macam anak manja yang minta boneka tapi gak dikasih, nguing nguing kaya ambulans, ngeluh ke suaminya, ganggu abis lah pokoknya.

Okay, just two more things and I'm gonna let this go. Promise.

So, being a weakling that I am, satu hari akhirnya gw bobrok juga. Kurang tidur, gak sarapan, keringetan di jalan lalu masuk kantor arah AC langsung di kepala gw (asli dingin abis, gw pernah kecilian AC yang kemudian dia gedein lagi........ gw menggigil kerudungan pakai hoodie di sudut matanya pun dia gak peduli loh. Maksud gw, gw bahkan menggigil berlebihan cari perhatian, halooo, masa gak ngeh sih?? Stone cold bitch) pada akhirnya gw bobrok juga. Gw demam. Gw ijin kantor hari itu dan saat gw bangun tidur panjang sekitar jam 11, handphone gw sudah ada whatsapp dari boss minta revisi dan lainnya yang harus dikirim paling lambat sebelum jam 12 karena dia sudah mau pergi ke tempat printing. Lompat lah gw dari kasur dan menyelesaikan semuanya sesegera mungkin... belum selesai apa yang gw kerjakan, dia minta tambahan revisi lainnya yang sialnya... file nya gede banget. I'm talking about a hundred MB file... dan gimana gw kirim emailnya........................... upload ke fileshare atau apalah itu uploadingnya 3 jam aja dong, belum kalau putus di jalan gimanaaa. Si orang marketing bilang udah santai aja print hari Senin masih bisa kok coba gw tanya boss dulu... Gw pun menunggu dengan cemas dan si marketing akhirnya bilang "Gw udah tanya boss sih Vin, dan dia lagi mikir..."

LAGI MIKIR??? Apalagi yang harus dipikir, maksud gw, hari itu adalah hari Jumat, dan file yang kudu di print itu dibutuhkan untuk hari Kamis minggu depan, DAN GW LAGI SAKIT. Dia butuh hari itu dan dia bener bener mau file nya hari itu juga. Dengan dongkol gw langsung mandi dan akhirnya datang ke kantor - dengan taxi. Sampai di kantor dengan rambut keriting gagal gw yang awut awutan, ternyata dia sudah balik dari tempat printing, dia habis print file file perintilan yang lain, jadi intinyaaaa file sialan yang udah melenyapkan 130.000 rupiah ongkos taxi itu tetap akan di print hari Senin nanti... sia sia? Lumayan.

Kalimat pertamanya saat gw masuk ke dalam ruangan kantor adalah, "Hai, gimanaa... udah di edit?"
Fuck you. Nanya keadaan gw juga enggak. Makan nih USB.

"Udah? Jadi kamu kemari kasih file ini aja? Okayyy thank you yaa."

That was it. Wujudnya yang cantik dan citra baiknya hancur seketika di kepala gw. Gw belum bilang juga yah kalau dia bener bener mengingatkan gw akan emak tiri gw. Cara dia ngomong, bercerita, egoisnya, dan gengsinya yang selangit... makin gondok lah gw.

Hal terakhir, akhirnya acara bazaar azzzegg yang ditunggu tunggu ini pun dimulai... akhirnya, hari terakhir gw bekerja disana, gw mau lihat hasil akhir semuanya yang gw telah kerjakan selama ini... Ehhh dia suruh gw bantu bantu jaga booth loh... itu bahkan bukan desk job gw mannnn. Bahkan dua gadis yang dia hired untuk jaga booth (plus si orang marketing, poor you...) gak disediakan, entahlah, sekardus aqua gelas atau apa kekkk, minuman. Maksud gw, itu hal basic sih, mungkin dia udah gak kepikiran lagi karena ribet sendiri siapin ini itu... tapi mereka kasihan banget kehausan dan cuma dapet gratisan kopi aneh dari acara yang rasanya kaya peresan keringet dari ketekkk (seriously, kita sampai oper operan kopi itu buat prank, karena rasanya aneh abis. Jus buah beet yang rasanya gak bisa dijelaskan pakai kata kata bahkan jauh lebih nikmat...). Gak cuma brand lo aja sih yang perlu dipikirin, tapi employee nya juga kali yaaa. Mungkin karena masih start up company masih banyak yang harus dia pelajari. Entahlah... I'm just so glad it's over. Sebagai hadiah perpisahan kepada dua gadis penjaga booth dan si marketing (I think we bonded pretty well) gw bawakan mereka tiga gelas milk tea sebelum gw pulang tanpa menoleh ke belakang sekalipun (biar dramatis).

Lalu salary gw bagaimana yaaa? Awalnya gw harap harap cemas karena ex-boss gak ada kabar bahkan gak ngomong soal salary sama sekali. Gw sudah ikhlas walaupun dalam hati kesel juga. Gw juga udah yakin kalau manusia ini memang tega dan berhati es. Ehhh akhirnya doi whatapp juga! Hahaha. Katanya sih mau ditransfer sekalian saat tanggal gajian mereka. Penasaran juga sih dapatnya berapa... Yang pasti gak pake ngarep yaa. Mungkin cukup untuk nutupin ongkos lebay yang gw keluarkan selama ini. (fyi, hari saat gw dipanggil interview itu hujan deras banget dan jalan tol macet total, gw terjebak di dalam taxi dengan argo yang balapan sama detak jantung gw, kemudian dia memutuskan untuk mengganti hari...)

Fuhhhhhhhhh...

...

*merenung*

The hard truth is... ternyata gw memang masih anak manja.
Yang syok, yang kesel cuma karena kereta dan boss yang ngeselin.
Masih banyak bangettt hal hal yang gw belum tahu.
Tapi rasanya, gw jadi lebih kuat sedikit hehe.
Oh, dan pastinya gw jadi tahu cara naik commuter line di Jakarta hihi.
There's always a first time for everything, yes? :)

Comments

  1. Oh dear.. Ini cerita koq kayak serentetan unfortunate events gitu ya. Cheer up ya :) next time jangan langsung diterima job offer nya kalau belum yakin. jangan takut untuk nolak karna masih banyak yg butuh lo diluar sana. Gue aja sempet interview di 6/7 tempat sebelum disini. jadi bisa compare which one yg kasih offer lebih baik hehe.. (kindly sharing) well anyway, i'm proud of you loh bisa dari pinggiran ke kota dengan angkutan seadanya (gue aja ga yakin gue bisa survive if i were u)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya sih sebenernya mer kita sudah terbiasa dengan privileges di idup kita selama ini, naik mobil dkk makanya sekalinya dihadapain sama begituan kayak culture syok lol. anyway... thank you. hihi. :-*

      Delete

Post a Comment

Popular Posts