mother knows best.


So I made myself useful yesterday,
I defeated Shadar and made a cake.
Setelah catat mencatat dan nonton berkali kali
video cooking with a dog cara membuat tofu rare cheesecake.

Step 1 :
Alasin loyang pakai kertas roti.
Panasin butter (unsalted/salted - whatever) sampai meleleh.
Sambil nunggu, remek remek graham crackers (sub: unsweetened crackers) sampai agak halus (atau halus atau kehalusan kalo gw ahaha)...
Kalau sudah campurin sama melted butter nya.
Crumbs nya diratain di loyang.

Step 2 :
Masupin blender
- Whip cream.
- Plain yogurt.
- Tofu.
- Cream cheese.
- Lemon juice.
- Sugar.
Blender sampai halus.
Lalu masupin lagi gelatin powder yang sudah diaduk di air panas.
Blender lagi.

Step 3 :
Masupin loyang lalu masupin kulkas lalu nunggu deh 2 sampai 3 jam.

Lo bisa tambahin buah sebagai topping kalau mau...

Kalau kata si Ibu Cooking with a dog itu sih "wow, lembut sekali, tak tercium bau tahu nya."
Kurang lebih begitu dalam bahasa Jepang.

Seems easy, tinggal remek remek dan blender udahhh.
Bahannya pun gampang!
Eh tapi tunggu...

Gelatin powder.

"Mami, gelatin powder apaan?"

"Itu gula, kan gelatin, sama aja kaya gula bubuk."

Ehm okay.......
Gw pikir gelatin powder itu semacam bahan yang bikin kue atau roti memuai atau apalah.
Ya maklum yaaaa...

Akhirnya gw pergi ke supermarket...
(walau gw lupa bawa kertas berisikan list yang harus dibeli,
no worries there, inget saking ditonton berulang ulang)
I got'em all but one, gelatin powder.

Lo lagi lo lagi...

"Mami, gelatin powder nya ga ada ganti apa ya?"

"Udah pakai gula di rumah."

Ehm okay.......
Dengerin kata nyokap aja deh, kan doi sudah hidup dua kali lebih lama dari gw, pasti doi lebih tau.
Gw mengacuhkan gatel gatel di otak gw yang mempertanyakan kenapa udah masupin bahan bahan plus gula - blender - lalu gula lagi (baca : gelatin powder)...

Fast forward.
Tadaaa masup loyang.
Toel toel dikit dan mmm wanginyaa... tapi agak terlalu asem yaa cream cheese nya atau yogurt nya kebanyakan. Maklum, insting nya masih amatir. Whatever, it looks good. Now we wait.
2 jam... gw keluar kamar lalu toel toel lagi... loh kok gak padat padat...
3 jam... sama aja.
Sampai susah tidur karena kepikiran.
Apa karena harusnya masupin freezer? Lihat besok deh.

Sekarang sudah besok. Bahkan gw bangun sepagi ini karena kepikiran.

Astaga masih belum padat. Akhirnya gw masupin freezer dan...
"Gak beres nih..."
Gw lakuin semua step yang ada persis kecuali satu hal, gelatin powder sialan itu.

Dan gw melakukan hal yang entah kenapa gak kepikiran dari kemarin :
Nanya ke orang tua gw yang lain - internet.

*read mumble mumble*... derived from animal collagen... unless gula itu dari binatang bukan hewan............................*read mumble - shocked by the truth*... which can then be used to set liquids into jellies.

SO THAT IS WHY.

So that is why people,
lebih baik tanya internet setelah tanya nyokap untuk jawaban yang lebih pasti.
Apparently, mother knows best.
Yeah huh.

'kan doi sudah hidup dua kali lebih lama dari gw, pasti doi lebih tau'
SCRATCH THAT. Age is just a number.

URGH.

Antara mau ketawa getir atau kesel.
Yasudahlah... sekarang kan gw jadi tau. Jadi lebih tau. Jadi lebih BIJAK.

Makanya gw selalu mengerutkan dahi setiap gw mengeluhkan sakit tertentu dan nyokap ngasih jawaban dengan pede. Eh halo, apa ibu seorang dokter, ekspert, atau tabib?
Gw gak percaya. Gak akan pernah percaya.
Tapi gw kasih 100 buat percaya dirinya.
Dasar Leo. (ada 3 orang Leo di rumah, gw - ade gw - nyokap. Cakar cakaran semua)

Macam sakit kuping kemarin, di hari pertama itu sakitnya luar binasa.
Gw bertanya sambil berlinangan air mata kenapa begini kenapa begitu dan dia jawab dengan pede.
Bahkan dia tinggalin gw dong hang out di SMS. Seriously mom...
Tunggu sampai dia pulang dan lihat gw pucat kaki dan tangan dingin baru dibawa ke rumah sakit.

Macam uji nyali di dunia lain.
Ya gimana coba, jarak tempat si peserta uji nyali sama tempat si pembawa acara serta paranormal dan monitor nya kan jauh!!
Kalau si peserta uji nyali nya udah keburu kesurupan ngais ngais tanah kayak macan (selalu macan, ya kan?) pas mereka masih lari lari mau nolongin gimana????
Ngerti kan maksud gw???

Gw selalu ngomong begini sambil bercanda,
"Iya emang, nunggu batuk darah dulu baru dibawa ke dokter."
Karena dibalik setiap bercandaan pasti ada fakta sekecil apapun dibaliknya. *sok bijak*

Oke, dari ngomongin gelatin powder sampai jadi dramatis ya. Sekian.

Comments

Popular Posts